Scroll to top
© 2019, Rapid Website & eCommerce Developer
Share

10 Keuntungan Instagram untuk Bisnis

Dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan dan 500 juta pengguna aktif harian, Instagram telah mengalami perjalanan panjang sejak 2010, dan pebisnis mulai mengambil langkah.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, melihat begitu banyak potensi di dalam platform dan keuntungan dari instagram yang hanya 18 bulan seletah peluncurannya untuk 1 Milyar USD, dan platform itu terus berkembang.

Bisnis-bisnis mulai lebih dan lebih bereaksi pada platform yang sedang berkembang pesat ini, dan apabila Anda analisa 100 brand teratas di Dunia, 90% dari mereka memiliki akun Instagram.

Dengan banyakannya brand dan bisnis di Instagram, Anda mungkin berpikir, “Pasti ada sesuatu dari mereka untuk terus menggunakan Intagram, tetapi apakah itu hanya untuk mempostingkan gambar-gambar keren brand mereka saja?”

Tidak juga.

Terbukti pada sebagian produk top di Dunia (dan juga sebagian bisnis mulai dari kecil hingga menengah), adanya beberapa metode yang efektif untuk mendapatkan sales, leads dan lainnya via Instagram.

Namun, Instagram masih merupakan platform yang relatif baru (dibandingkan dengan situs media sosial lainnya), dan pembaruan aplikasi baru terus bergulir. Jadi, bagaimana Anda tetap diperbarui dan memanfaatkan semua fitur baru? Apa saja manfaat dari Instagram dan bagaimana Anda memanfaatkannya? Apakah Anda baru mengenal platform atau apakah Anda ingin memperbaiki akun Anda yang sudah ada, Anda mungkin bertanya-tanya dari mana harus memulai.

Jangan khawatir. Kami memberikan 10 keuntungan Instagram pada bisnis dan bagaimana menggunakannya.

1. Lebih dari 1/3 pengguna Instagram telah menggunakan Apps untuk membeli produk Online

Cukup satu kata: Sales. Setiap harinya pemilik bisnis hanya memperjuangkan sales, dan tidak berbeda ketika melihat dari keuntungan Instagram. Sales menuntun di garis bawah, dan mencoba untuk belajar bagaimana meningkatkan sales adalah tujuan utama mengapa Anda membaca blog ini, dan kami tidak menyalahkan Anda.

Penting untuk tahu apakah yang Anda investasikan setimpal (atau memberikan balik modal pada investasi Anda), jadi seberapa bernilainya Instagram? Mari kita lihat pada beberapa fakta.Lebih dari 1/3 pengguna Instagram menggunakan instagram untuk berbelanja produk secara online, memjadikan mereka 70% lebih mudah melakukannya daripada bukan pengguna instagram.

Sekarang, mari kita kupas lebih detil. Kami memberitahukan sebelumnya bahwa ada 800 pengguna aktif bulanan, jadi 1/3 nya setidaknya ada 266 jutaan pengguna Instagram yang menggunakannya untuk berbelanja online.

Sebelum memasuki tahap lebih lanjut tentang keunggulan Instagram, kami ingin menunjukkan bahwa banyak sekali orang yang menunggu untuk interaksi dengan brand Anda. Mereka tidak hanya follower, mereka adalah orang yang memiliki riwayat belanja pada platform instagram. Pembelian mereka selanjutkan bisa jadi dari perusahaan Anda!Sebagai tambahan, 75% pengguna sudah melakukan aksi, baik dari mengunjungi website, setelah melihat iklan pada postingan instagram.

Sekarang, sebuah iklan instagram berbeda dengan posting organik yang Anda posting pada akun instagram Anda. Iklan Instagram adalah pos yang Anda sponsori sehingga akan mencapai ke lebih banyak orang.

Statistik ini mengatakan 75% pengguna instagram akan mengambil langkah pada iklan tersebut, baik dari mengklik tombol “Shop Now” atau “Contact Us”. Bahkan apabila mereka tidak membeli pada klik yang pertama, langkah tersebut masih berharga karena Anda dapat menargetkan ulang mereka dengan iklan Instagram dari titik tersebut hingga mereka membelinya.

2. Platform Iklan Instagram memiliki akses kepada Opsi Target Iklan Sosial Media yang tersedia

Sekarang kita tahu berapa pengguna Instagram di sana dan seberapa seringnya mereka akan membeli, saatnya bicara tentang pengaruhnya data ini untuk Anda.

Sebagai yang diberitahukan sebelumnya, Instagram dibeli oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg beberapa tahun lalu. Kemampuan Instagram berkembang pesat untuk menyamai kemampuan Facebook. Facebook diketahui memiliki platform iklan sosial media tercanggih. Anda bisa beriklan kepada orang berdasarkan umur, hobi, tingkah laku, dan lokasi pada Facebook, yang artinya Anda bisa melakukannya juga di Instagram sekarang.

Artinya, Anda bisa menajamkan calon target dalam 266 juta pengguna Instagram yang sudah mungkin akan membeli.

Dan sebagai tambahan dari cold targeting di atas, Instagram memiliki kemampuan yang sama dengan Facebook dalam retargeting para calon.

Di sini, cold targeting adalah orang-orang yang belum pernah sekalipun mendengar atau melihat brand Anda. Mereka dingin dan perlu untuk “Dihangatkan” agar dapat menjadi pembeli dan diharapkan akan menjadi pembeli tetap.

Retargeting artinya menarget kembali orang-orang yang telah melihat atau mendengar brand Anda atau bisnis Anda.

Bentuk yang paling umum pada retargeting adalah menarget ulang pengunjung website Anda yang belum membeli barang atau produk Anda (atau mengisi formulir “Contact Us”, atau telah menyelesaikan suatu aksi apapun yang Anda inginkan agar mereka mengunjungi kembali situs Anda). Instagram menyediakannya dan lebih banyak lagi!

Anda bisa membuat custom retargeting audience berdasarkan dari posting instagram, list email pelanggan, video instagram views dan lainnya.

Anda akan terkejut melihat bahwa platform media sosial lain sudah lebih lama berjalan, tidak memiliki beberapa kemampuan targeting dari yang Instagram punya sekarang.

Memiliki opsi tersebut memudahkan Anda untuk melakukan strategi marketing Instagram ke tahap selanjutnya dan mengimplementasikan corong-corong sales yang spesifik dengan iklan Instagram Anda untuk mendapatkan lebih banyak hasil.

3. Sales dan Leads Dapat Dilacak Lewat Iklan Instagram Sehingga Anda Dapat Melihat ROI yang Jelas

Keunggulan ini pada Instagram mungkin terlihat jelas, tapi Anda akan terkejut melihat banyaknya perusahaan yang menginvestasikannya tanpa melihat efektivitasnya.

Sejak Instagram menggunakan platform Ads Manager seperti Facebook, mereka memiliki semua kemampuan lacak seperti yang dimiliki Facebook.

Anda dapat melihat semuanya dari link klik, yang menjadikannya konversi, dan Anda dapat melihat biaya per hasil dari kampanye apapun yang Anda jalankan.

Iini artinya bergantung pada apa hasil atau tujuanmu, Anda bisa selalu melihat berapa banyak hasil yang Anda dapatkan dan dengan harga berapa.

Dan sebagai tambahan, Anda dapat melihat lebih detil siapa atau di mana mereka datang( mulai dari jenis kelamin, usia, lokasi, alatnya dan lain lain).Memiliki pengetahuan ini memudahkan Anda untuk mengerti di mana uang Anda akan diinvestasikan.

4. Instagram Membedakan Profil Personal dengan Profil Bisnis

Seperti Facebook, Instagram membedakan akun dari akun personal dan akun bisnis.

Apabila Anda mengubah akun Anda menjadi akun bisnis, Anda akan membuka fitur-fitur untuk membantu promosi bisnis Anda. Sebagian dari fitur tersebut termasuk memiliki tombol Call to Action untuk pengunjung halaman Anda, kemampuan untuk promosi postingan dengan uang iklan, dan akses untuk wawasan akun.

Itu juga memberikan pengguna Instagram pengertian yang jelas bahwa halaman yang mereka datangi adalah halaman bisnis, bukan halaman Instagram personal.

Membuat pengaturan ini membuat akun Anda siap untuk sukses dan mengambil semua keuntungan dari Instagram.

5. Basis User Instagram Memungkinkan Anda untuk Mencapai Basis Pelanggan yang Seharusnya Tidak Bisa

Kami memberitahukan sebelumnya bahwa ada sekitar 500 juta pengguna Instagram yang aktif setidaknya sekali sehari, dan setidaknya ada 266 juta dari mereka yang secara aktif membeli khususnya via iklan dan profil Instagram.

Apabila bisnis Anda tidak ada dalam Instagram, bisakah Anda memastikan Anda dapat mencapainya?

200 juta pengguna Instagram secara aktif mengunjungi profil bisnis setiap hari, tapi perusahaan Anda tidak akan menjadi salah satunya apabila Anda tidak punya akun Instagram!

Pikirkan Instagram sebagai tangan atau perpanjangan dari perusahaan Anda. Makin Anda terlihat di Instagram, makin sering Anda akan bertemu potensi pembeli di Instagram.

6. Buat Hadirin Bahwa Mereka Akan Terkait Pada Brand Anda

Satu dari keindahan Instagram adalah dia memiliki semua kemampuan periklanan berbayar pada Facebook, tapi dia memiliki tambahan yang Facebook tidak punya: fungsi organik.

Ketika kita mengacu kata fungsi organik, kami maksud aksi yang Anda bisa lakukan atau hasil yang Anda peroleh tanpa harus membayar mereka secara langsung uang iklan.

Di Facebook, apabila Anda ingin membangun berapa banyak fans atau followers yang bisnis Anda miliki, Anda hatus membayar mereka dengan Facebook Ads.

Di Instagram, Anda dapat membangun follower Anda secara organik. Ini memungkinkan hubungan yang sangat natural antara brand Anda dan followers Anda dari awal yang terbalik dengan memaksakan hubungan menggunakan iklan berbayar.

Seperti gerakan akar tanaman di mana semakin banyak follower Anda, semakin banyak orang akan follow Anda. Organik itu, dari tipe perkembangan follower dari mulut ke mulut sangat berharga, khususnya bagi bisnis-bisnis yang lebih baru.

Sebagai tambahan untuk apapun yang Anda lakukan untuk membangun followers Anda, 50% dari para pengguna Instagram pasti akan mengikuti brand.

Ini berarti setengah dari 800 juta pengguna di platform Instagram akan lebih cenderung secara khusus mengikuti brand Anda hanya kerena berada di Instagram.

Ketika konsumen follow brand Anda di Instagram, mereka akan memberikan pilihan secara aktif untuk melihat postingan Anda pada timeline mereka. Ini menunjukkan keinginan yang kuat dari pihak mereka, dan Anda bisa melanjutkan untuk membangun hubungan dari sana.

7. Perkuat Hubungan Anda Dengan Follower Dan Calon Pembeli

Salah satu keuntungan dari Instagram sebagai platform organik adalah ketika Anda melihat banyak interaksi pada postingan Anda tanpa harus membayarnya.

Interaksi dengan brand pada Instagram 10 kali lebih banyak dari Facebook, 54 kali lebih banyak dari Pinterest, dan 84 kali lebih banyak dari Twitter.

Tambahan, pengguna Instagram menaruh “like” sebanyak 4.2 Milyar post per hari.

Dengan interaksi sebanyak itu, Anda dapat bergantung pada follower Anda yang terus berkembang untuk berinteraksi dengan postingan Anda dan banyak lagi, secara gratis!

Baik memberi “like” maupun komentar pada pos Anda, mereka membuat keputusan untuk berinteraksi dengan pos Anda yang artinya mereka tertarik dengan brand Anda.

Khususnya dalam Instagram, ketika Anda pos, akan diarsipkan dibawah profil pada pengaturan “Posts you’ve liked”. Artinya pengguna Instagram yang men”like” pos-pos perusahaan secara serentak menyimpan pos-pos itu ke dalam penyimpanan mereka!

Bisnis bisa menggunakan kesempatan ini untuk stimulasi percakapan dan komentar langsung kepada follower nya. Di Instagram, Anda bisa menggunakan @ untuk tag pengguna dan membalas secara langsung kepada seseorang antara mereka menyukai gambar atau komentar pos Anda.

Lebih banyak brand yang lebih tranparan dan responsif lebih kepada followers mereka di Instagram, lebih banyak kepercayaan terbangun antara brand tersebut dengan pembeli. Semakin percaya mereka dengan brand tersebut, maka semakin tinggi juga kemungkinan mereka akan membeli dibandingkan brand lainnya.

8. Pelajari Apa yang Mereka Sukali dan Tidak Sukai

Berapa banyak Anda ketahui tentang pelanggan Anda? Mereka mungkin berumur antara 25-54 tahun, tapi selera humor mereka?

Antara Anda membangun startup yang harus mempelajari secara pasti siapa target market Anda maupun Anda perusahaan lama yang baru di Instagram, selalu ada ruang untuk mempelajari target market Anda.

Penting untuk diingat bahwa target market lebih dari sekedar hadirin dengan statistik demographic dan kebiasaan. Target market adalah sekumpulan orang yang nyata, sehingga marketing Anda harus fleksibel sebagaimana mereka juga.

Instagram adalah alat yang bagus untuk mempelajari perubahan like dan dislike dari para pelanggan dan followers Anda. Anda bisa melihat konten apa yang paling mereka sukai dan tertarik, dan yang mana yang tidak. Anda bisa melihat akun mana yang mereka sukai untuk di follow dan yang tidak mereka sukai.Informasi ini akan penting untuk diketahui ketika Anda membuat konten untuk akun Instagram Anda, tapi juga berharga untuk tahu strategi marketing Anda!

9. Instagram Adalah Platform Visual

Satu diantara keunggulan utama Instagram adalah dia adalah platform sosial media yang terpusat pada gambar.

Tidak seperti media sosial lainnya, Instagram terdiri hanya dari foto-foto dan video-video yang dapat digabung dengan teks, namun teks tidak terlalu penting.

Ini akan menguntungkan Anda karena kebanyakan orang lebih mengingat apa yang mereka lihat daripada apa yang mereka baca dan dengar!

Dan tambahan, video lebih berpengaruh daripada gambar pada sosial media ketika berhubungan dengan interaksi dan hasil, tapi keduanya lebih berpengaruh daripada pos-pos sosial media lainnya yang tidak menggunakannya.

Memiliki platform yang berpusat pada foto ataupun video memungkinkan followers Anda mengingat brand Anda lebih baik lagi, dan ini membuat mereka lebih mungkin untuk berinteraksi dengan konten Anda. Kedua faktor tersebut membawa followers Anda satu langkah lebih dekat kepada pembelian.

10. Anda Bisa Secara Konstan Menggunakan Instagram Untuk Mengisi Upaya Pemasaran Anda yang Lain

Satu dari keunggulan utama dari Instagram adalah Anda bisa menggunakan informasi dan data yang Anda kumpulkan untuk marketing Anda yang lain.

Semua website traffic yang Anda kirim dari Instagram bisa di target ulang pada platform lain seperti Facebook, Google, dan lain-lain.

Anda bahkan bisa menggunakan pos-pos Instagram untuk promosi pemasaran lainnya yang Anda punya dan sebaliknya!

Promosi antar Kanal dan upaya pemasaran memungkinkan Anda untuk melebarkan pencapaian kanal tersebut dan mendorong follower-follower yang sudah ada untuk melacak brand Anda pada platform lainnya. Semakin banyak poin brand Anda pada pengguna, semakin mudah untuk mereka membeli dari Anda dibandingkan pesaing-pesaing lainnya.

Itulah 10 keunggulan Instagram untuk bisnis! Ketika membangun Instagram Anda bisa membutuhkan kerja keras, keuntungan dari Instagram memberikan hasil yang memuaskan!

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami